Alhamdulillah Trafik Blog Mas Donda Mulai Membaik

Trafik blog mulai membaik dan ini merupakan kabar yang menggembirakan hati saya sebagai seorang blogger. Meskipun traget trafik belum tercapai 100 persen, namun hal ini memberikan “energi positif” kepada saya. Dengan demikian semangat ngblog pun menjadi semakin mantap. Mudah-mudahan di kemudian hari nanti akan semakin baik dan bisa mendatangkan banyak pengunjung.

Seperti pepatah : “Jika badan belum lelah, janganlah beristirahat. Jika impian belum tercapai, janganlah menyerah.“, akhirnya sayapun selalu siap untuk berjuang. Sayapun kini mulai yakin, bahwa blog berplatform WordPress ini bisa menjadi blog yang membawa berkah nantinya…Aamiin.

Sempat selama beberapa hari saya merasa agak galau. Yakni, saat melihat statistik blog yang tetap ajeg dan tak beranjak naik. Kemudian saat artikel ini akan dibuat, saya melihat ada perubahan pada kunjungan blog Mas Donda ini. Sehingga prediksi saya bahwa blog ini akan menyalip trafik blog sahabat saya Sukman pun sudah benar-benar terjadi….hehehe.

Inilah Cara Saya Menerapkan SEO Agar Trafik Blog Meningkat

Saya bukanlah seorang blogger yang ahli dalam hal SEO. Cara menerapkan SEO yang saya beberkan disini merujuk pada tool SEO Yoast yang tersemat pada dasboard WordPress. Sehingga bagi Sobat yang sudah pernah memakai tool / plugin tersebut tentu sudah tidak kaget dan merasa asing lagi.

Apa yang saya share adalah murni berdasarkan pengalaman pribadi menggunakan WordPress. Dan, karena saya masih baru dalam menggunakan WordPress, mungkin ada sebagian tips yang belum mumpuni untuk diterapkan. Jika apa yang saya sampaikan bisa bermanfaat bagi Sobat, saya tentu merasa sangat bersyukur dan gembira.

Namun saya berharap bahwa artikel ini bisa memberikan manfaat yang besar. terutama bagi Sobat blogger yang belum pernah menggunakan WordPress. Inilah tips SEO yang bisa saya berikan:

Cara #1: Jumlah Kata Dalam Artikel Minimal 300 Kata

Sesuai dengan pedoman yang dianjurkan pada Yoast. Jumlah artikel pada blog harus berisi minimal 300 kata atau lebih. Jika kurang dari 300 kata maka artikel dianggap kurang baik di mata mesin pencari. Jumlah artikel minimal ini mungkin berbeda pada setiap platform blog.

Dan yang saya gunakan pada blog ini adalah sesuai dengan petunjuk dan wejangan dari Mbah Yoast. Sobat dapat menerapkan jumlah artikel minimal sesuai panduan dari para master blog lainnya. Misalnya dengan menerapkan jumlah artikel minimal sebanyak 500 kata. Syukur-syukur bisa bertambah menjadi 1000 kata sesuai anjuran para blogger sukses di Indonesia.

Cara #2: Kesesuaian Antara Keyword, Heading, Dan Kalimat Pada Awal Paragraph

Keyword yang saya terapkan adalah sebanyak dua kata. Kalau lebih dari itu biasanya akan ada warning, yang menunjukkan bahwa keyword terlalu panjang. Lagi-lagi saya masih awam tentang ini. Jadi Sobat bisa explore lagi dengan melakukan riset keyword agar hasilnya lebih maksimal.

Heading / pertajukkan juga wajib ada menurut Yoast. Dan heading ini juga berisi kata kunci yang akan Sobat terapkan pada artikel blog. Pada Blogger.com, untuk membuat heading bisa dengan menambahkan kode H1, H2, atau H3 pada mode HTML (bukan Compose lho!). Jadi intinya adalah bahwa setiap dua atau tiga paragraf sebaiknya diberi heading.

Selain itu, sematkanlah kata kunci pada kalimat di awal paragraf. Tujuannya agar mesin pencari cepat mendapatkan informasi utama tentang artikel yang diposting. Dengan demikian sesuailah sudah antara keyword, heading, dan kalimat pada paragraf pertama.

Cara #3: Menyematkan Link Internal dan Eksternal

Link internal yang mengarah pada artikel lainnya dalam blog Sobat juga harus ada. Minimal ada satu artikel lainnya yang “digandeng” pada artikel yang sedang Sobat tuliskan. Link ke dalam artikel blog sendiri (dan juga blog lain) biasanya dikenal dengan istilah beken SEO On Page. Mohon maaf jika saya salah dalam memberikan istilah, maklum masih “newbie”…hehehe.

Tadinya saya berpikir bahwa link eksternal tidak dibutuhkan. Namun Mbah Yoast melarang hal ini. Saya sebelumnya berfikir bahwa link eksternal akan menurunkan trafik blog, namun pendapat saya tersebut dibantah oleh Mbah Yoast. Singkat kata punya cerita, saya biasanya menyematkan link eksternal untuk sumber gambar.

Cara #4: Menyematkan Gambar dan Diberi Atribut

Kalau cara yang ini Sobat pasti sepaham dengan saya. Tanpa ada gambar maka blog akan terlihat kurang menarik. Karena gambar merupakan daya tarik yang kuat untuk menggaet pengunjung blog. Bahkan ada pengunjung yang merasa senang (walaupun nggak mbaca artikel) dengan gambar “uhuy” yang disematkan pada blog…hehehe.

Gambar tersebut sebaiknya diberi atribut yang berisi keyword. Termasuk dalam memberikan nama file gambar sebaiknya juga sesuai dengan judul artikel atau berisi keyword. Keterkaitan atribut pada gambar akan meningkatkan kualitas SEO pada blog. Tapi ingat!. Jangan menyematkan gambar yang mengandung hak cipta eksklusif. Sobat bisa lihat pada keterangan gambar jika dicari di Google.

Pengaruh gambar ini terbilang sangat ampuh untuk mendongkrak trafik blog. Hal ini terjadi karena pengguna mesin pencari kadang hanya ingin mencari konten gambar saja untuk keperluan tertentu. Sobat dapat menambahkan alamat blog pada gambar yang disertakan ke dalam artikel. Sehingga, gambar tersebut bisa menjadi sarana promosi yang mantap untuk blog yang Sobat kelola dengan penuh kasih sayang.

Cara #5: Mengisi Meta Description Untuk Keyword

Untuk pengguna WordPress, menambahkan meta description untuk keyword sangatlah mudah. Melalui Plugin Yoast, kita dapat menuliskan isi meta description. Panjang kalimatnya pun bisa diatur dengan mudah karena jika terlalu panjang akan ada “warning” langsung.

Bagi pengguna Blogger.com, maka Sobat harus mengaktifkan Deskripsi Penelusuran agar bisa tampil pada bagian Setelan Entri. Nantinya Sobat tinggal mengisi dengan sebuah kalimat sebanyak lebih kurang 20 kata. Tujuannya agar mesin pencari cepat menelusuri artikel pada blog Sobat.

Cara #6: SEO Yang Sangat Rahasia

Hehehe…mungkin Sobat berpikir bahwa ini adalah cara yang terdengar heboh dan berbeda. Bisa iya, bisa juga tidak. Tergantung niat baik Sobat dalam membangun blog. Nah, SEO Rahasia yang saya maksud adalah dengan cara bersyukur dan terus berdoa agar Tuhan Yang Maha Kuasa memberikan kebaikan. Sehingga aktifitas ngeblog kita bisa membawa berkah alias berjuta kebaikan untuk sesama.

Berdoa yang isinya memohon agar trafik blog semakin hari semakin meningkat jangan Sobat anggap sepele. Karena siapa tahu Cara #6 ini justru yang paling berpengaruh pada blog. Jangan lupa juga memohon kepada Tuhan Yang Maha Memberi Rezeki, agar penghasilan blog bisa semakin meningkat.

Mudah-mudahan Sobat menjadi semangat dan pantang menyerah sampai apa yang menjadi impian Sobat sekalian bisa terwujud. Saya yakin bahwa blog bisa menjadi sumber penghasilan yang layak untuk kita semua. Jangan berkecil hati jika penghasilan blog belum seperti yang diimpikan. Saya yakin suatu hari Sobat akan sukses dan berbahagia karena memutuskan untuk menjadi blogger.

Itulah sekelumit cara yang ingin saya bagikan, semoga bisa membantu Sobat sekalian. Terutama bagi Sobat blogger yang belum memahami tentang SEO (termasuk diri saya sendiri). Cara diatas mungkin saja jauh dari kata sempurna. Kritik atau saran dari Sobat blogger, khususnya dari para master blog, sangat saya nantikan. Semoga bermanfaat dan Salam sukses selalu!.

Gambar : www.panduaneka.com

  1. Saya suka dengan SEO sangat rahasia he eh eh…jangan jangan doanya itu: “ya Tuhan, sukseskanlah blog hambamu ini, agar hamba dapat isteri dua, Amin”

    Becanda, bro. By the way artikelnya SEO friendly banget lho…

    1. Hehehe…
      Saya juga awalnya begitu Sobat Ramadani Idaham.
      Sekarang sedang belajar dikit demi sedikit. Alhamdulillah tool Yoast sangat membantu meskipun belum sempurna.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *