Sapi Kurban Untuk Warga Sekitar Sekolah

Sapi Kurban Untuk Berbagi Dengan Warga Sekitar Sekolah

Daging Haji Hewan Ibadah Qurban Sapi Kurban Sekolah

Sapi Kurban Untuk Berbagi Dengan Warga Sekitar Sekolah

Sapi kurban adalah salah satu jenis hewan yang menarik perhatian masyarakat Muslim di seluruh penjuru tanah air. Sapi termasuk jenis hewan yang dapat dijadikan hewan kurban selain kambing atau onta. Rata-rata orang Indonesia berkurban dengan sapi atau kambing.

Kewajiban kurban sangat dianjurkan bagi mereka yang sudah mampu. Ini merupakan ibadah yang tak ternilai harganya, karena sebagai bukti kualitas keimanan seseorang. Apakah ia termasuk kategori orang yang senang berbagi, peduli, atau gemar menggunakan harta untuk keperluan ibadah.

Menurut cerita orang-orang yang pernah melaksanakan kurban, mereka memperoleh banyak berkah setelah membelanjakan hartanya untuk kurban. Ada cerita bahwa rezeki mereka seperti semakin bertambah dan semakin berkah pula.

Selain itu, ibadah kurban juga dapat meningkatkan kesehatan fisik maupun non-fisik. Ibarat kata, kurban bisa memberikan berkah untuk membersihkan diri dari sifat-sifat tidak baik.

Pengalaman Saat Kurban Di Sekolah Kami Tahun 2016 Silam

Hari Selasa, 13 September 2016 adalah tiba waktunya untuk melaksanakan penyembelihan hewan kurban di sekolah kami. SMP-SMK Gunung Jati yang beralamat di Jalan Sungai Bambu IV No. 35, Tanjung priok, Jakarta Utara.

Dari hasil partisipasi peserta didik, orang tua peserta didik, pendidik, dan yayasan ini kami dapat membeli seekor sapi Bali seharga 16.5 juta rupiah. Sapi yang kami jadikan hewan kurban ini memiliki berat sekitar 300 kg.

Sapi Kurban Untuk Berbagi Kebaikan
Sapi kurban untuk warga sekitar sekolah.

Saat-saat yang paling mendebarkan adalah pada waktu “pemotongan” sapi kurban dilakukan. Kali ini yang bertugas untuk menyembelih hewan kurban adalah Bapak Chasuri.

Selain bekerja sebagai guru di beberapa sekolah, beliau juga merupakan salah satu tokoh masyarakat yang sering diberi amanat untuk melakukan penyembelihan hewan kurban di wilayah Kecamatan Tanjung Priok, Jakarta Utara. Karena memang untuk orang yang bertugas melakukan “pemotongan” adalah benar-benar orang yang ahli di bidangnya.

Sapi Kurban, Simbol Harmonisnya Semangat Kekeluargaan

Bagi  kami menjadi panitia penyembelihan hewan kurban adalah hal yang sangat membanggakan. Dan ini merupakan salah satu hal yang dapat mempererat semangat kekeluargaan diantara pendidik dengan warga sekitar sekolah.

Kami membagi tugas yakni ada yang khusus memisahkan bagian tulang sapi, dan ada yang khusus memisahkan bagian tubuh sapi yang 90 persen berisi daging. Alhamdulillah, meskipun sapi terlihat agak kurus, namun daging yang dihasilkan lumayan banyak.

Baca Juga Artikel : LEMBUR PEKERJAAN TELAH TIBA – HOREE!!!

Alhamdulillah dari sapi Bali seberat 300 kg ini dapat kami bagi menjadi 250 bungkus daging sapi. Yang siap kami distribusikan untuk warga masyarakat yang membutuhkan. Tak lupa kami juga memberikannya untuk peserta didik yang berstatus sebagai anak yatim.

Kami berharap, bahwa tahun ini kami dapat melakukan kegiatan yang penuh berkah ini. Dan semoga tahun ini kami juga dapat menambah jumlah hewan kurban. Sehingga nanti semakin banyak warga yang kurang mampu yang dapat menikmati berkah daging kurban.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *