Perempuan Cantik Dan Kartini Masa Kini

Perempuan Cantik Masa Kini

Perempuan cantik selalu menjadi pusat perhatian kaum lelaki. Cantik yang dimaksud tentu saja bukan sekedar kecantikan fisik belaka. Akan tetapi kecantikan yang diiringi kecerdasan dan perilaku yang baik tentunya.

Berbicara masalah sosok perempuan cantik, maka perhatian kita akan tertuju pada sejarah bangsa Indonesia. Di masa silam kita memiliki beberapa sosok perempuan yang hebat.

Indonesia memiliki banyak pejuang-pejuang wanita dimasa penjajahan Belanda dan sebelumnya. Mereka adalah perempuan-perempuan yang cerdas dan memiliki kepedulian terhadap kehidupan bangsa ini di masa lalu.

Tujuannya agar terbebas dari segala macam kemunduran, kelemahan, penindasan. Yang dilakukan baik oleh sesama anak bangsa maupun yang dilakukan bangsa lain.

Salah satu sosok perempuan yang telah berjasa bagi bangsa Indonesia adalah Raden Ajeng Kartini. Perempuan yang dilahirkan pada tanggal 21 April tahun 1879 di Jepara, Jawa Tengah.

Mengenal Sosok Raden Ajeng Kartini

Raden Ajeng Kartini yang notabene merupakan putri dari seorang bangsawan di daerahnya merasa tidak nyaman hidup. Berkaitan dengan aturan ketat dari keluarganya. Dimana seorang perempuan kurang dihargai sebagai manusia.

Yang tentu saja memiliki hak dan kewajiban yang sejajar dengan kaum lelaki. Perempuan pada masa lalu tidak diizinkan untuk mengenal ilmu pengetahuan lewat bangku sekolah. Hal seperti inilah yang membuat perempuan lebih sering diperlakukan kurang manusiawi oleh para pria.

Kartini muda tidak mau tinggal diam dengan keadaan yang terjadi dengan dirinya dan perempuan lainnya yang hidup sezaman dengan beliau. Dalam buku “Habis Gelap Terbitlah Terang” karya Armijn Pane, tertulis surat-surat yang dikirim Kartini. Untuk sahabat-sahabatnya yang ada di Eropa.

Kartini meminta sahabat-sahabatnya agar membantu dirinya agar dapat melanjutkan pendidikan. Namun, usaha yang dilakukan oleh Raden Ajeng Kartini belum membuahkan hasil. Dan baru terealisasi saat lelaki yang menikahinya mengijinkan Kartini untuk berkecimpung di dunia pendidikan.

Pada bulan dimana beliau dilahirkan yakni bulan April, perempuan Indonesia harus bisa memetik hikmah dari kisah perjuangan Kartini. Yakni untuk memajukan kaum hawa di masa kini.

Kartini telah merubah mindset orang pada masa lalu tentang perempuan. Yang sebelumnya perempuan adalah sosok yang kurang dihargai dimata kaum pria. Menjadi sosok yang sejajar dan yang memiliki hak yang sama untuk membangun peradaban.

Hal Yang Bisa Dilakukan Perempuan Cantik Masa Kini

Beberapa hal yang bisa dilakukan perempuan masa kini untuk melanjutkan perjuangan Kartini adalah:

Menggiatkan Budaya Membaca

Dengan menggiatkan budaya membaca baik di dalam rumah bersama anak maupun di tempat kerja akan berakibat baik. Perempuan masa kini akan merubah mindset berbeda.

Bahwa perempuan yang menarik itu adalah perempuan yang cerdas dan berperilaku baik. Budaya membaca ini sesuai dengan kebiasaan yang dilakukan Raden Ajeng Kartini. Membaca akan meningkatkan juga kualitas kecerdasan anak-anak yang akan lahir dari rahim mereka. Sehingga nanti akan lahir generasi-generasi bangsa yang cerdas dan mampu memecahkan masalah.

Mencegah Penyebaran Konten Dewasa

Mudahnya akses berbagai media yang menyediakan konten dewasa sangat menyudutkan harga diri perempuan. Perempuan menjadi objek nafsu para pria karena gencarnya informasi yang negatif dari berbagai media.

Tubuh perempuan telah dijadikan “komoditi” oleh media cetak dan elektronik untuk meraih keuntungan material dan merusak akhlak generasi muda.

Baca Juga : 4 Hal Yang Harus Diperhatikan Dalam Mendidik Anak

Perempuan masa kini dapat mengurangi dampak seperti ini dengan cara memberikan edukasi yang baik kepada sesamanya. Bahwa perempuan tidak boleh dijadikan objek atau “komoditi”.

Perempuan masa kini juga harus giat menulis dan menjadi nara sumber berita dan informasi positif tentang perempuan. Dunia internet telah memberikan ruang apresiasi yang cukup bagi perempuan Indonesia untuk melakukan penetrasi ke media.

Ini bertujuan agar lebih dominan berisi konten-konten yang baik. Jika perempuan Indonesia malas untuk melakukan ini, maka jangan salahkan nanti jika hal-hal kurang sopan menimpa diri perempuan itu sendiri.

Memiliki Penghasilan Sendiri

Apabila memungkinkan hendaknya perempuan turut membantu keluarganya untuk bekerja. Atau mendirikan usaha yang dapat meningkatkan kesejahteraan keluarga.

Bisnis adalah dunia yang disarankan, mengingat aktivitas seperti ini bisa dilakukan sembari mendidik dan merawat anak. Sehingga perempuan akan mampu mengangkat derajat sesama dimata kaum pria.

Meninggalkan Gaya Hidup Glamour

Perempuan harus memiliki prinsip bahwa bahagia itu tidak melulu berkaitan dengan uang dan kemewahan. Jika perempuan Indonesia masih ngiler dengan uang dan kemewahan maka bersiap-siaplah. Jika nantinya kaum pria meminta balasan yang sepadan dengan uang yang telah dikeluarkan kantong mereka.

Ini berarti bahwa dimata para pria, perempuan itu bisa “dibeli” dengan uang. Apabila Anda seorang perempuan tolong pikirkan hal ini dengan baik. Mindset seperti ini harus diubah, dan yang bisa merubahnya adalah perempuan itu sendiri.

Perempuan Cantik Yang Terus Berjuang Menggapai Asa Dan Cita

Kita berharap bahwa perjuangan yang dilakukan oleh Kartini ini. Untuk memerdekakan kaum perempuan dari keterpurukan dan ketertinggalan akan dilanjutkan oleh Kartini-Kartini Muda yang cerdas, santun, dan berwawasan bijak.

Perempuan bukanlah objek fisik semata. Tetapi ia adalah insan yang memiliki potensi yang sama dengan pria dalam membangun peradaban yang berkemanusiaan. Dengan kelembutan dan keanggunan karakter yang ada pada perempuan. Maka akan memberikan nuansa damai dan tentram dalam kehidupan sehari-hari.

Sumber Gambar : bali.tribunnews.com

Tinggalkan Balasan