Mahalnya Biaya Kuliah Di Fakultas Kedokteran

Mahalnya biaya kuliah di fakultas kedokteran

Info Mengenai Betapa Mahalnya Biaya Kuliah Di Fakultas kedokteran

Sebelum lanjut membaca artikel berjudul Mahalnya Biaya Kuliah Di Fakultas Kedokteran ini, adakah diantara Anda sekalian yang mempunyai cita-cita dan impian untuk menjadi seorang dokter? Atau Anda semua adalah orang tua yang ingin sekali agar anak-anaknya menjadi dokter dan bermaksud akan mengkuliahkan sang anak di fakultas kedokteran. Hemm…cita-cita ini menurut hemat saya sangat mulia dan saya turut mendoakan semoga terkabul. Sehingga setelah menjadi dokter mudah-mudahan bisa membantu saudara-saudara kita yang sedang ditimpa musibah berupa penyakit.

Namun demikian, perlu untuk diketahui agar Anda tidak kaget dan siap untuk menanggung biaya kuliah anak di fakultas kedokteran. Hal yang wajib diketahui adalah bahwa:

  • Pertama, seleksi masuk Fakultas Kedokteran di universitas-universitas negeri terbilang sangat ketat. Artinya anak musti dan kudu membekali diri dengan kecerdasan yang mumpuni agar dapat masuk dengan mudah di universitas negeri. Anda dapat memasukkan anak pada lembaga sejenis bimbingan belajar untuk meningkatkan kualitas belajar anak pada pelajaran tertentu.
  • Kedua, apabila anak tidak diterima di Fakultas Kedokteran di universitas negeri, maka pilihan yang cukup berat adalah dengan mengkuliahkan anak di Fakultas Kedokteran universitas swasta.
  • Ketiga, apabila Anda dan anak Anda tetap bersikukuh untuk masuk ke fakultas kedokteran universitas swasta, maka siapkanlah biaya yang cukup agar anak jangan sampai nunggak biaya SPP dan yang lainnya.

Fakultas Kedokteran Paling Bergengsi

Fakultas kedokteran merupakan salah satu fakultas yang paling bergengsi di Indonesia, bahkan di dunia. Dan banyak anak yang bercita-cita ingin menjadi dokter karena dokter merupakan profesi mulia yang bisa menyembuhkan orang sakit. Selain itu, masyarakat percaya bahwa profesi dokter bisa menjamin kesejahteraan keluarga karena gaji atau penghasilan seorang dokter diatas rata-rata profesi lainnya.

Bagi Anda yang karena beberapa hal harus mendaftarkan anak untuk kuliah di fakultas kedokteran pada universitas swasta, saat ini universitas swasta yang memiliki Fakultas Kedokteran sudah tidak bisa dipandang sebelah mata, apalagi dianggap sebagai buangan dari universitas negeri. Universitas swasta juga sudah mulai membenahi diri dan meningkatkan kualitas pendidikannya. Karena kualitas itulah yang menyebabkan biaya kuliah di tempat tersebut terbilang sangat mahal, apalagi untuk wong cilik yang penghasilan bulanannya pas-pasan.

Rincian Biaya Kuliah Di Fakultas Kedokteran

Sebagai gambaran untuk Anda berikut merupakan salah satu rincian biaya kuliah di fakultas kedokeran universitas swasta di Tangerang, Banten:

  • Biaya pendaftaran: Rp. 135 juta
  • Biaya semester tetap: Rp. 22 juta
  • Biaya per SKS: Rp. 900 ribu
  • Fasilitas, seragam, dan orientasi: Rp. 65 juta
  • Total biaya semester 1: Rp. 187,8 juta
  • Perkiraan biaya per semester: Rp. 35 juta hingga Rp. 45 juta

Untuk semester pertamanya, kamu harus membayar sebesar Rp. 187,8 juta yang dapat dibayarkan sebanyak dua kali. Pembayaran ini mencakup biaya pendaftaran, semester pertama dan SKS yang diambil, serta biaya fasilitas, seragam, dan orientasi. Kira-kira total biaya yang harus kamu siapkan adalah sebesar Rp. 634,2 juta. Wah, itu baru biaya kuliahnya saja ya? Belum ditambah dengan biaya hidup mahasiswa fakultas kedokteran selama masih kuliah? Hemmm…Mahalnya Biaya Kuliah Di Fakultas Kedokteran!.


Sumber:

  • https://www.finansialku.com/fantastis-ini-biaya-kuliah-fakultas-kedokteran-di-universitas-swasta/
  • https://www.arah.com/article/1900/mau-kuliah-kedokteran-ini-14-fakultas-kedokteran-berakreditasi-a.html

4 tanggapan pada “Mahalnya Biaya Kuliah Di Fakultas Kedokteran”

  1. Pingback: Anggaran Biaya Service Sepeda Motor | Mas Donda

  2. Pingback: Penyakit Diabetes Dan 7 Gejala Yang Umum Terjadi | Mas Donda

Tinggalkan Balasan