Keseimbangan otak kanan dan otak kiri diperlukan manusia dalam menggapai kesuksesan

Keseimbangan Otak Kanan dan Otak Kiri

Impian Keseimbangan Manusia Motivasi Otak Sukses Usaha

Keseimbangan Otak Kanan dan Otak Kiri

Keseimbangan otak kanan dan otak kiri kini telah menjadi materi utama pada seminar-seminar pengembangan diri. Kenapa kedua bagian otak manusia itu perlu diseimbangkan? Tentu saja agar apa yang kita lakukan memperoleh keberhasilan sesuai harapan.

Otak kiri berkaitan dengan pemikiran yang realistis, berbasis angka, huruf, kalkulasi, dan lain sebagainya. Sedangkan otak kanan berkaitan dengan intuisi atau kreatifitas. Otak kanan ibarat gas pada kendaraan dan otak kiri adalah remnya.

Otak Kanan dan Kiri Ibarat Rem Beserta Gas Pada Kendaraan

Agar selalu seimbang, maka antara gas dan rem tersebut harus dapat bekerja sama secara harmonis. Begitu juga pada otak manusia, ketika kita hanya mengandalkan kemampuan salah satu bagiannya saja misalnya. Maka bisa dipastikan hidup kita akan mengalami “sedikit kekacauan”.

Lho kok bisa begitu? Jadi, begini ceritanya. Otak kiri cenderung menjadikan manusia sebagai pemikir yang serba cermat, teliti, terukur, tersusun dengan rapi dan penuh kehati-hatian. Sedangkan otak kanan adalah sebagai pendorong / penggerak manusia untuk langsung action dan action.

Nah, terlihat bedanya kan? Prinsip otak kiri adalah berpikir dulu baru bertindak. Sedangkan otak kanan adalah bertindak dulu baru berpikir. Maka disinilah diperlukan keseimbangan antara keduanya. Orang yang dapat menyeimbangkan kedua hal tersebut termasuk orang yang jenius dan langka di dunia ini.

Bisnis Pun Membutuhkan Peran Kedua Bagian Otak

Dalam memulai suatu usaha atau bisnis kita membutuhkan peran kedua bagian otak tersebut. Orang yang hanya mengandalkan otak kiri maka dia akan sangat lama memulai sebuah bisnis. Alias mikir terus tapi nggak segera action. Sementara orang yang mengandalkan otak kanan akan langsung action tanpa banyak berpikir macam-macam.

Namun, gairah yang ada pada otak kanan bisa berbahaya jika kebablasan. Karena dalam bisnis diperlukan juga kalkulasi yang cermat dan teliti. Tetapi untuk menggerakkan bisnis Anda harus menjadi pribadi-pribadi yang penuh intuisi dan kreatifitas tingkat tinggi. Intinya gas dan rem harus “dikendalikan” secara cantik, sesuai perumpamaan diatas.

Untuk menyeimbangkan kedua bagian otak tersebut tentu bukan perkara yang mudah. Dalam artikel ini saya hanya membahas mengenai perlunya keseimbangan antara otak kanan dengan otak kiri manusia. Sedangkan teknik atau cara-caranya Insya Allah akan saya tuliskan pada kesempatan yang lain. Semoga kita sekalian dapat meraih kesuksesan dan kebahagiaan hidup yang hakiki. Semoga bermanfaat, salam sukses dan mulia!.

3 thoughts on “Keseimbangan Otak Kanan dan Otak Kiri

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *